fbpx

Blog

Jangan Dibiarkan! Inilah Pertolongan Pertama Ketika Sakit Gigi

Jangan Dibiarkan! Inilah Pertolongan Pertama Ketika Sakit Gigi

Sakit gigi adalah gejala yang tidak boleh disepelekan. Walaupun sakit gigi biasanya tidak sampai mengancam nyawa, namun intensitas nyeri yang dirasakan bisa sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan ketika tidur malam.

Jenis nyeri yang dirasa ketika sakit gigi juga beragam, ada yang nyeri tajam dan terus menerus atau hilang timbul tidak menentu. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari tumbuh gigi, gusi bengkak, gigi berlubang, abses gigi (adanya nanah di dasar gigi), gigi retak/patah, tambalan gigi lama yang rusak dan lain sebagainya.

Apapun penyebab yang mendasari sakit gigi, Anda harus berkonsultasi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan mendapatkan perawatan yang sesuai dengan penyebab sakit gigi Anda. Jika sakit gigi disertai demam, pembengkakan hingga area wajah, sesak napas, dan sakit atau tidak mampu membuka mulut, Anda sebaiknya langsung ke IGD agar segera mendapat penanganan medis. Beberapa cara mengobati sakit gigi di bawah ini mungkin bisa dijadikan pertolongan darurat sebelum Anda pergi ke dokter. Berikut cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit gigi untuk sementara waktu:

 

1. Kompres es batu.

Sakit gigi berlubang biasanya disertai dengan pipi bengkak. Untuk meredakan kondisi tersebut, Anda bisa mengompres pipi yang bengkak dengan es batu. Cara mengobati sakit gigi satu ini termasuk yang paling mudah dan sederhana.  Selain meredakan bengkak, kompres dingin juga membantu untuk mengurangi nyeri serta perdarahan ke dalam jaringan gusi. Kompres dingin dilakukan dengan cara membungkus beberapa keping es batu dalam sebuah handuk kecil. Lalu tempelkan handuk tersebut pada area pipi yang mengalami pembengkakan. Biarkan selama 15 menit-20 menit. Ulangi cara ini setidaknya tiga kali dalam sehari atau sampai bengkak di pipi Anda mereda.

 

2. Berkumur air garam hangat.

Sejak dahulu berkumur pakai air larutan garam merupakan cara mengobati sakit gigi yang paling populer. Air garam terbukti membantu meredakan peradangan serta rasa sakit di gusi dan gigi. Sebelum berkumur pakai air garam, sebaiknya Anda menyikat gigi dan membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi (flossing) untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal di gigi. Kemudian siapkan 1-2 sendok makan garam dapur, lalu larutkan ke dalam segelas air hangat. Gunakan larutan garam tersebut untuk berkumur selama 30 detik, setelah itu buang. Ingat, air larutan garam ini tidak untuk ditelan.

 

3. Konsumsi obat pereda nyeri.

Cara mengobati sakit gigi lainnya yang bisa Anda coba di rumah adalah minum obat pereda nyeri. Ada banyak obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek tanpa resep dokter. Pastikan Anda membaca petunjuk pemakaian obat yang tertera pada label kemasan dengan teliti, khususnya bila Anda memiliki penyakit atau sedang hamil, dibutuhkan petunjuk dokter untuk mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Ingat, jika nyeri di gigi Anda tidak juga membaik, jangan ragu untuk segera mencari pertolongan medis ke dokter. Hal ini dilakukan agar Anda mendapatkan pengobatan yang tepat.

 

4. Menggunakan bahan-bahan alami.

Meredakan sakit gigi juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Cara mengobati sakit gigi dengan bahan-bahan alami yang paling popular adalah dengan mengunyah bawang putih, daun jambu biji, dan menggunakan minyak cengkeh. Namun, bahan-bahan alami tidak selalu aman dan bisa menyebabkan infeksi semakin parah. Oleh karena itu, penggunaannya perlu dilakukan secara hati-hati dan cermat. Selain itu, ingat pula bahwa bahan-bahan alami hanya sebagai pertolongan darurat, bukan sebagai obat penyembuh.

 

Perlu diingat bahwa penanganan terbaik untuk Anda yang mengalami sakit gigi adalah melakukan pemeriksaan dan perawatan ke dokter gigi. Metode pengobatan yang dilakukan dokter akan bergantung pada penyebab sakit gigi yang Anda alami. Misalnya, dokter mungkin akan melakukan penambalan jika gigi Anda berlubang atau perawatan saluran akar gigi jika lubangnya sudah mencapai pulpa (mengenai syaraf gigi). Dokter juga mungkin akan melakukan prosedur cabut gigi jika hal tersebut memang satu-satunya jalan terbaik.

Penting bagi Anda untuk mengetahui cara mencegah sakit gigi, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah cara terbaik untuk menghalau berbagai penyakit gigi dan mulut. Tidak hanya menjadi cara ampuh untuk mencegah sakit gigi, namun hal tersebut juga baik untuk kesehatan Anda secara menyeluruh. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  • Menyikat seluruh permukaan gigi atas dan bawah dengan cara yang benar
  • Menyikat gigi 2x sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur
  • Menggunakan pasta gigi ber-fluoride
  • Menggunakan sikat gigi dengan kepala sikat yang kecil dan bulu sikat yang halus
  • Membersihkan area lidah dengan sikat gigi, atau bisa juga dengan alat pengeruk lidah (tongue scrapper)
  • Membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi (flossing)

Selain berbagai cara di atas, rutin memeriksakan gigi ke dokter juga menjadi hal wajib yang harus Anda lakukan guna mencegah sakit gigi. Semakin dini suatu penyakit terdeteksi, maka perawatan akan semakin sederhana, biayanya lebih murah, dan risiko komplikasi juga semakin kecil. Jadi, jangan tunggu hingga mengalami keluhan baru pergi ke dokter gigi. Periksakan gigi Anda ke dokter gigi dan juga membersihkan karang gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali. Namun jika Anda punya masalah medis tertentu dan berisiko mengalami penyakit gigi dan mulut, Anda mungkin akan dianjurkan untuk lebih sering melakukan pemeriksaan gigi.

 

Information

HAPPY DENTAL CLINIC memiliki 25 cabang yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Cibubur, Bekasi, Bandung, Batam, Denpasar, Makassar.

Buka setiap hari :

Senin - Minggu : 10:00 WIB - 22:00 WIB

*Khusus untuk cabang One Belpark buka pukul 10:00 WIB - 21:00 WIB

WhatsApp-Button