fbpx

Blog

Penyebab Gigi Berlubang pada Anak-Anak dan Bagaimana Pencegahannya

Penyebab Gigi Berlubang pada Anak-Anak dan Bagaimana Pencegahannya

Gigi-geligi periode pertama, atau yang biasa disebut gigi susu atau gigi sulung, merupakan bagian penting dalam tumbuh kembang anak. Gigi susu biasanya muncul pada anak usia 6 bulan. Namun, ada juga sebagian bayi tumbuh gigi dibawah usia 5 bulan atau bahkan ketika usia 1 tahun belum juga tumbuh gigi.

Variasi usia pertumbuhan gigi sangat normal terjadi, karena dipengaruhi beberapa faktor seperti nutrisi, hormonal, dan genetik. Meskipun gigi susu adalah gigi sementara yang akan digantikan oleh gigi tetap, namun kesehatan gigi susu sangat mempengaruhi tumbuh kembangnya gigi permanen di kemudian hari. Gigi susu memiliki fungsi yang sama dengan gigi tetap, yaitu untuk :

  • Mengunyah
  • Fonetik (berbicara)
  • Estetik (keindahan)
  • Sebagai penuntun dan menjaga ruang bagi gigi tetap yang kelak akan tumbuh

Walaupun gigi susu sama pentingnya dengan gigi tetap, kebersihan dan pencegahan penyakit pada gigi anak masih sering luput dari perhatian orang tua di Indonesia. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menyebutkan bahwa 56,7% penduduk Indonesia memiliki masalah gigi dan mulut, dan 67,3% diantaraya merupakan anak-anak rentang usia 5-9 tahun. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan tingginya tingkat kerusakan gigi pada anak-anak, diantaranya :

  • Konsumsi gula yang tinggi pada anak-anak
  • Malas menyikat gigi ataupun kemampuan menyikat gigi yang masih belum maksimal
  • Kebiasaan mengonsumsi susu dari botol sebelum tidur (nursing bottle syndrome)
  • Gigi susu sering dianggap sepele karena akan digantikan dengan gigi permanen
  • Orang tua membawa anak ke dokter gigi hanya jika anak sakit gigi

Kerusakan yang umum terjadi pada anak-anak adalah gigi berlubang (karies gigi). Gigi berlubang berawal dari sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Jika tidak dibersihkan, bakteri di dalam mulut akan memetabolisme sisa makanan tersebut dan menghasilkan asam. Asam yang dihasilkan dari bakteri kemudian secara perlahan mengikis lapisan gigi dan membentuk lubang gigi. Jika dibiarkan, bakteri dan asam akan masuk lebih dalam sampai ke pulpa gigi, yaitu bagian gigi yang terdiri dari saraf dan pembuluh darah. Hal ini akan menimbulkan sakit gigi dan dapat menyebabkan kehilangan gigi. Ada banyak dampak yang ditimbulkan oleh kerusakan gigi pada anak :

  • Kerusakan gigi menjalar dengan cepat.

Lapisan email dan dentin gigi susu lebih tipis bila dibandingkan dengan gigi tetap, sehingga proses gigi berubang akan lebih cepat dan bila dibiarkan akan menimbulkan sakit gigi.

  • Susunan gigi permanen menjadi kurang rapih.

Gigi susu yang rusak atau tanggal sebelum waktunya akan mempersempit ruang untuk tumbuhnya gigi permanen, sehingga susunan gigi permanen menjadi kurang rapih.

  • Terganggunya tumbuh kembang anak.

Jika si kecil mengalami kerusakan gigi, maka ia akan mengalami kesulitan dalam mengunyah makanan. Dengan demikian, nutrisi yang didapatkan anak dapat berkurang dan tumbuh kembang juga terganggu. Hal ini juga menyulitkan anak saat belajar berbicara dan juga bersosialisasi.

Membiasakan si kecil untuk merawat gigi susu sejak dini akan melatih kebiasaan baik untuk menjaga kebersihan rongga mulutnya sampai nanti dewasa kelak. Ajarkan pada anak menyikat gigi dengan pasta gigi, minimal 2x sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur. Makan makanan bergizi yang tinggi serat seperti buah dan sayur, dan mengurangi konsumsi gula. Kunjungan si kecil ke dokter gigi bertujuan untuk memeriksa ada atau tidaknya masalah pada gigi susunya, dan pembelajaran cara membersihkan gigi yang baik dan benar. Pengenalan anak ke dokter gigi pada saat kondisi sakit gigi dapat menimbulkan kecemasan dan membuat anak tidak kooperatif bahkan trauma dengan perawatan gigi. Peran orang tua dalam memberi contoh yang baik juga sangat penting bagi anak untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi.

 

Information

HAPPY DENTAL CLINIC memiliki 25 cabang yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Cibubur, Bekasi, Bandung, Batam, Denpasar, Makassar.

Buka setiap hari :

Senin - Minggu : 10:00 WIB - 22:00 WIB

*Khusus untuk cabang One Belpark buka pukul 10:00 WIB - 21:00 WIB

WhatsApp-Button