fbpx

Blog

Tips Merawat Gigi Palsu

Tips Merawat Gigi Palsu

Gigi tiruan atau gigi palsu adalah alat bantu untuk menggantikan gigi yang hilang dan jaringan gusi di sekelilingnya.

Kehilangan gigi dapat terjadi akibat pencabutan gigi permanen, kegoyangan gigi akibat infeksi gusi, atau gigi yang lepas akibat kecelakaan atau trauma. Bila gigi yang hilang tersebut tidak diganti, maka dapat menyebabkan masalah seperti pergeseran gigi, gangguan makan dan berbicara, serta menurunnya rasa percaya diri. Penggunaan gigi tiruan dapat mengatasi keluhan yang muncul akibat kehilangan gigi. Manfaat penggunaan gigi tiruan diantaranya:

  • Menggantikan gigi yang hilang akibat berbagai penyebab, misalnya gigi patah
  • Memperbaiki fungsi mengunyah dan berbicara pada orang yang kehilangan gigi
  • Memperbaiki penampilan sekaligus meningkatkan kepercayaan diri
  • Melindungi gigi yang masih tersisa

Bagi Anda yang menggunakan gigi palsu, penting untuk memahami metode perawatan yang tepat. Jika tidak, gigi palsu dapat mengalami kerusakan dengan cepat dan bahkan meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan mulut lainnya, seperti bau mulut, sariawan, dan penyakit gusi. Untuk itu, mari kita simak tips-tips merawat gigi palsu berikut ini.

  1. Rajin menyikat gigi dan menggunakan benang gigi (flossing)

Jaga kebersihan gigi dan gigi palsu permanen dengan menyikat gigi dua kali sehari menggunakan sikat lembut. Hal ini penting untuk mencegah penumpukan plak dan sisa makanan yang dapat menyebabkan peradangan gusi pada gigi palsu permanen. Lakukan flossing menggunakan dental floss untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi. Dengan rutin merawat kebersihan gigi dan gigi palsu, Anda dapat menghindari berbagai resiko penyakit gigi dan memastikan kenyamanan penggunaan sehari-hari.

  1. Kurangi makanan keras

Setelah pemasangan gigi palsu, hindarilah menggigit langsung makanan keras, karena hal ini dapat meningkatkan resiko kerusakan atau lepasnya gigi palsu. Sebagai alternatif, disarankan untuk memotong makanan yang agak keras menjadi potongan kecil sebelum dikonsumsi, guna meminimalkan tekanan langsung pada gigi palsu.

  1. Hindari alkohol dan rokok

Alkohol dan rokok tak hanya buruk bagi kesehatan secara umum, tapi juga buruk untuk kesehatan gigi dan mulut. Alkohol memiliki kadar asam dan gula yang tinggi, sehingga meningkatkan resiko gigi berlubang dan infeksi gusi. Selain itu, alkohol dapat menyebabkan mulut kering dan menurunkan produksi air liur. Hal ini juga merupakan efek negatif dari asap dan nikotin dari rokok.

  1. Melepas dan membersihkan gigi palsu lepasan

Untuk Anda yang menggunakan gigi palsu lepasan, gigi palsu harus rutin dibersihkan dengan air mengalir dan sikat gigi lembut. Gigi palsu tidak perlu dibersihkan dengan menggunakan pasta gigi, karena permukaan gigi palsu dapat menjadi tipis. Gigi palsu juga tidak perlu direndam dalam air. Membersihkan gigi palsu dengan air panas juga tidak disarankan karena dapat merusak akrilik dari gigi palsu. Bila ingin bersih maksimal, Anda juga dapat menggunakan cairan khusus pembersih gigi palsu yang dapat dibeli di klinik gigi.

  1. Rutin lakukan pemeriksaan gigi

Setelah melakukan perawatan mandiri, disarankan agar Anda menjalani pemeriksaan rutin oleh dokter gigi setiap 6 bulan. Pada kunjungan tersebut, dokter gigi akan membersihkan gigi dan area pemasangan gigi palsu. Selain itu, dokter gigi dapat mendeteksi tanda-tanda awal kerusakan pada gigi dan gigi palsu, memungkinkan penanganan yang cepat dan efektif. Dengan menjalani pemeriksaan rutin ini, Anda dapat memastikan kesehatan gigi dan gigi palsu permanen tetap terjaga dengan baik.

Dengan menjaga perawatan gigi palsu secara rutin, Anda tidak hanya memastikan kenyamanan penggunaan sehari-hari, tetapi juga mencegah potensi masalah kesehatan gigi dan mulut. Ingatlah untuk menyikat gigi dengan lembut setidaknya dua kali sehari, membersihkan dengan benang gigi secara teratur, dan melakukan pemeriksaan gigi rutin oleh dokter gigi. Prioritaskan kebersihan dan kesehatan gigi palsu Anda. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi untuk tips perawatan yang lebih spesifik sesuai kebutuhan Anda. Dengan perawatan yang tepat, Anda dapat menikmati senyuman sehat dan percaya diri sepanjang waktu.

 

Information

HAPPY DENTAL CLINIC memiliki 25 cabang yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Cibubur, Bekasi, Bandung, Batam, Denpasar, Makassar.

Buka setiap hari :

Senin - Minggu : 10:00 WIB - 22:00 WIB

*Khusus untuk cabang One Belpark buka pukul 10:00 WIB - 21:00 WIB

WhatsApp-Button